0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Akan Panggil Aliansi Kades dan Perangkat Desa

Terindikasi tidak netral dan menggunakan fasilitas negara untuk berpolitik,Panwaslu Boyolali akan panggil Aliansi Kades dan Perangkat Desa

timlo.net/nanin

Terindikasi tidak netral dan menggunakan fasilitas negara untuk berpolitik,Panwaslu Boyolali akan panggil Aliansi Kades dan Perangkat Desa

Boyolali — Terindikasi tidak netral, Panwaslu Boyolali bakal mengklarifikasikan aksi Aliansi Kades dan Perangkat Desa yang menuntut bupati Boyolali untuk maju lagi dalam Pilkada. Selain dinilai tidak netral, aksi ini juga menggunakan fasilitas negara yaitu Pendopo Alit, Pemkab Lama, Jalan Merbabu, Senin (1/6) lalu.

“Besok (Rabu 10/6), kita akan panggil ketua aliansi, perwakilan camat dan kabag umum, untuk mengklarifikasi kegiatan tersebut,” ujar Ketua Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho, Selasa (9/6).

Dijelaskan, aksi ratusan kepala desa dan perangkat desa tersebut dilaporkan melanggar netralitas aparatur negara. Tiga orang yang akan dipanggil, Ketua Aliansi, Sugeng, Kades Potronayan, Nogosari, Camat Banyudono, Ritapuspita Sari, dan Kabag Umum, Dahat Wilarso. Untuk kabag umum, klarifikasi berkaitan dengan penggunaan Pendopo Alit.

Klarifikasi dilakukan untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas kegiatan yang dilakukan pada Senin (1/6). Meski demikian pihaknya menyatakan belum bisa menentukan jenis pelanggaran yang terjadi. Karena saat ini belum memasuki tahapan Pilkada. Namun klarifikasi tetap akan dilakukan sebagai tindak lanjut kemungkinan adanya pelanggaran.

Disisi lain, Kades Potronayan, Sugeng, yang juga Ketua Aliansi Kades dan Perangkat Desa, mengakui sudah menerima undangan dari Panwaslu.

“Besok saya akan hadir,” ujarnya.

Disisi lain, Bupati Boyolali, Seno Samudro, mengaku mestinya aksi Aliansi Kades dan Perangkat Desa tidak masuk pelanggaran, karena dilakukan sebelum tahapan Pilkada dimulai.

“Ibarat main bola, tidak mungkin wasit memberikan kartu kuning sebelum permainan dimulai,” ujar Bupati.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge