0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lakukan Kecurangan SBMPTN, Dua Bersaudara Diamankan

kecurangan

timlo.net/achmad khalik

Dua bersaudara pelaku pelanggaran pengerjaan soal SBMPTN 2015 diamankan petugas di Polsek Jebres

Solo — Dua bersaudara yang diketahui bernama Tezar Abinowo (20) dan M Yamin Alassya (20) warga Brunorejo, RT 01/ RW 01 Bruno, Purworejo diamankan petugas. Mereka kedapatan melakukan praktek kecurangan saat mengerjakan soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 UNS, Selasa (9/6).

“Keduanya berhasil ditangkap karena kecurigaan pengawas yang melihat peserta SBMPTN itu bolak-balik ke kamar mandi,” terang Kapolsek Jebres, Kompol Edison Panjaitan kepada wartawan.

Menurut Kapolsek, Tezar mengerjakan soal SBMPTN di ruang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS. Tiba-tiba, Tezar ijin untuk ke kamar mandi. Saat ke kamar mandi, Tezar membawa soal SBMPTN 2015 dan mengelabui petugas dengan meletakkan soal SBMPTN 2014 yang ditutupi dengan cover SBMPTN 2015. Di kamar mandi tersebut, saudaranya M Yamin Alassya telah menunggu untuk mengerjakan soal yang dikirimkan oleh adiknya tersebut.

“Keduanya memang lihai, mereka menipu pengawas dengan menyiapkan soal tahun 2014 sehingga pengawas dapat dikecoh,” jelas Kapolsek.

Karena bolak balik ke kamar mandi sebanyak tiga kali, lanjut Kapolsek, pengawas ruang yakni David Haryanto merasa curiga. Hingga akhirnya dirinya melakukan pengecekan dan menemukan seseorang di kamar mandi yang tak lain masih saudara dari Tezar. Setelah dilakukan pemeriksaan internal, terbukti Yamin membantu adiknya Tezar dalam mengerjakan soal SBMPTN 2015 yang sedang diujikan tersebut.

“Pada awalnya pengawas tidak curiga. Namun, karena menyalahi aturan yang diperbolehkan akhirnya pengawas berinisiatif untuk membuntuti calon mahasiswa ini. Ternyata, kecurigaan pengawas terbukti bahwa mereka berbuat curang,” terang Kapolsek.

Atas peristiwa tersebut, pihak Polsek Jebres masih mengamankan keduanya untuk dilakukan pemeriksaan mendalam.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge