0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Disebut Pasar Terbesar Narkoba Dunia

Ilustrasi Narkoba (merdeka.com)

Timlo.net – Indonesia diklaim menjadi sasaran market terbesar narkoba jaringan internasional. Hingga saat ini, kasus penyalahgunaan narkotika, sudah menjadi masalah yang sangat memprihatinkan. Peredaran maupun penggunanya, sudah melampaui batas usia hingga strata sosial.

“Ada empat hingga lima juta penduduk Indonesia terindikasi mengonsumsi narkoba,” kata Menteri Hukum dan HAM (Menku HAM), Yasonna Hamonangan Laoly, Selasa (9/6).

Yasonna juga menyebut konsumen barang haram di Indonesia sudah menjalar di institusi kepolisian.

“Indonesia sudah menjadi salah satu market terbesar peredaran narkotika dari bandar-bandar internasional. Mereka (bandar internasional-red) berupaya sebisa mungkin memasukkan barang haramnya ke Indonesia,” ucapnya.

Narkoba sudah menjadi masalah serius untuk bangsa ini.

“Pecandu narkoba tidak lagi hanya berada di kalangan masyarakat sipil, tetapi juga sudah merambah di kalangan anggota polisi, TNI, termasuk penjaga Lapas. Bahkan anggota DPR juga ikut-ikutan latah mengonsumsi narkoba,” nilainya.

Dari sekian banyak Lapas yang ada di Tanah Air, 40 persen penghuninya adalah para pecandu narkoba.

“Seperti di Medan, Sumatera misalnya, 70 persen penghuni Lapasnya adalah karena kasus narkoba. Untuk narapidana di Jawa Timur sendiri, tercatat ada 3.105 pengguna dan 1.315 sebagai bandar atau pengedar,” rincinya.

Upaya meminimalisir jumlah pecandu narkoba di Indonesia, Yasonna menegaskan, perlu dibentuk tempat-tempat khusus untuk tahanan narkoba yang bertujuan merehabilitasi sampai sembuh para pecandu.

“Dampak narkoba sudah merusak ketahanan nasional dan nilai budaya lokal. Penyebarannya tidak lagi di kota-kota besar, tapi sudah masuk ke wilayah pedesaan,” tandasnya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge