0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Rusak, JK Sebut Karena Ulah Orde Baru

dok.merdeka.com
Wapres Jusuf Kalla (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kerusakan lingkungan akibat eksploitasi hutan secara besar-besaran, diklaim dilakukan pada masa orde baru (orba). Pada era itu, perekonomian Indonesia ditopang dari penjualan logging kayu.

“Ekonomi Indonesia tahun 1960-70an digerakan oleh logging sehingga pengusaha kayu membabat jutaan hektare hutan, dengan bangga. Itulah timbul masalah besar lingkungan kita,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Selasa (9/6).

JK menegaskan pembabatan hutan secara besar-besaran merupakan buah dari kebijakan di masa lalu dan berharap tidak terulang di masa sekarang. Pasalnya, dampak akibat pembabatan liar sejumlah kawasan hutan di dalam negeri baru terasa saat peristiwa banjir hebat yang melanda Pulau Jawa serta Kalimantan.

“Ketika di Jawa dan Kalimantan banjir besar baru kita sadari kesalahan kita pada masa lalu. Dunia juga sadaru itu kesalahan. Kita selalu sadar masalah lingkungan setelah kita dapat masalah,” ungkapnya.

Namun, JK menolak permasalahan lingkungan di dalam negeri hanya menjadi tugas Pemerintah Indonesia saja. Alasannya, negara lain juga ikut menikmati hasil pembabatan hutan dalam negeri.

“Kayu kita dulu dibeli murah dan dieksploitasi perusahaan besar. Jadi ini tanggung jawab bersama, bukan hanya kebijakan izin Indonesia tapi juga dunia,” tandasnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge