0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apple Perkenalkan iOS 9

iOS 9

Dok: Timlo.net/Huffington Post

iOS 9

Timlo.net—Setiap tahun, Apple merilis update untuk operating system (OS) mereka di ajang Wold Wide Developers Conference (WWDC). Tahun ini, event ini digelar Senin (8/6) di mana perusahaan itu mengumumkan OS terbaru untuk iPhone dan iPad: iOS 9.

Update ini akan memberikan iPhone sebuah tampilan dan alat-alat baru. iOS 9 akan mempersiapkan Apple untuk iPhone baru, yang akan diperkenalkan kepada publik beberapa bulan ke depan. iOS 9 akan tersedia untuk para pengembang aplikasi mulai Senin, dan akan tersedia untuk publik dalam bentuk beta bulan Juli. Dan akan tersedia sebagai upgrade gratis beberapa bulan ke depan. Semua model iPhone dan iPad yang kompatible dengan iOS 8 bisa diupgrade ke iOS 9.

Apa saja fitur-fitur baru pada iOS 9?

Fitur Proactive

iOS 9 memiliki sebuah fitur baru disebut Proactive, yang menggabungkan aplikasi kalender, Siri, Spotlight search, Apple Maps, Passport dan berbagai aplikasi lainnya untuk memberikan informasi yang Anda butuhkan sepanjang hari.

Apple membeli aplikasi asisten pribadi Cue pada 2013, dan Cue sekarang dirilis dalam bentuk fitur Proactive. Siri sendiri menjadi 40 persen lebih akurat dan 40 persen lebih cepat saat merespon. Asisten suara ini akan terus dikembangkan di iOS 9 dan akan terhubung dengan proactive untuk membuat hidup kita lebih mudah.

iOS baru ini menebak siapa yang menelpon Anda dengan melihat isi email. Bila ada nomor tidak dikenal menelpon, aplikasi ini akan memberikan saran tentang siapa yang menelpon.

Fitur search juga menjadi lebih baik. Fitur ini akan menyarankan berbagai hal mulai dari aplikasi, kontak, berita berdasarkan akvititas dan lokasi sebelumnya. Jika seseorang mengirim pesan berisi sebuah link, meminta Anda membeli sesuatu, Anda bisa berkata:”Siri, ingatkan saya tentang hal ini nanti,” dan Siri akan mengirim Anda sebuah pengingat nanti yang menyertakan link itu. Siri akan tahu apa yang Anda bicarakan.

Proactive menambahkan event ke kalender Anda secara otomatis dari email dan jika Anda menyediakan informasi lokasi, Proactive akan menyarankan kapan Anda harus pergi ke tempat atau event yang sudah Anda jadwalkan hari ini. Untungnya tidak satupun data pencarian ini akan dibagikan ke pihak lain.

Upgrade Kinerja Aplikasi Notes

Aplikasi Notes awalnya dimaksudkan sebagai catatan di mana kita bisa mencatat ide atau apapun yang perlu ditulis di iPhone. Tapi aplikasi ini sekarang diupgrade dengan beberapa fitur baru, seperti kemampuan untuk menciptakan daftar kegiatan. Anda juga bisa menambahkan foto-foto dari kamera dan pustaka foto ke Notes dan bahkan menggambar dengan jari tangan. Kita juga bisa menambahkan konten dari Internet dan Maps langsung ke aplikasi ini. Dan semua konten akan disinkronisasikan antara berbagai peralatan iOS.

Kinerja dan daya tahan baterai yang lebih baik

iOS 8 bisa dikatakan sebagai OS yang memiliki banyak masalah. Bahkan Apple perlu merilis update iOS 8.0.1 lebih awal karena banyak masalah pada iOS 8. Pengguna mengalami masalah dengan sinyal ponsel, Touch ID dan lain-lain. Kali ini, download iOS 9 hanya akan memerlukan lebih sedikit tempat sehingga prosesnya akan lebih mudah.

iOS baru ini dimaksudkan sebagai OS yang lebih cepat dibandingkan iOS 8 dan menggunakan lebih sedikit energi baterai. Daya tahan baterai akan bertambah satu jam untuk penggunaan iPhone normal bila memakai iOS 9. Baterai kehabisan energi? Ada mode low-power untuk memberikan Anda tiga jam tambahan.

Apple berkata bahwa iOS 9 hanya perlu lebih sedikit ruang untuk diinstal di iPhone dan iPad sehingga Anda tidak perlu menghapus apapun dari ponsel dan tablet sebelum mendownload update ini.

Sumber: Huffington Post.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge