0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dugaan Korupsi, PSSI Dilaporkan Ke KPK

Gedung KPK (merdeka.com)

Timlo.net — Komunitas Suporter Anti korupsi mendatangi KPK untuk melaporkan dugaan korupsi pada institusi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Salah satu anggota, Parto membuktikan korupsi terjadi berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan pada 2010 dan 2013.

“Hasil audit KPK ada dugaan korupsi bantuan sosial dengan menjual kegiatan yang pernah dilakukan tetapi tidak sesuai prosedur UU keuangan negara,” kata Parto di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Senin (8/6).

Menurut Parto, PSSI pada 29 Juli 2013 telah mencairkan dana APBN sebesar Rp 439.740.000 untuk anggaran pemusatan latihan Asian Youth Games Timnas Sepak Bola U-14. Padahal, sebelum itu PSSI telah menggelar pemusatan pelatihan di Lenteng Jakarta Selatan dan Kuningan Jawa Barat. Di mana kegiatan telah dilaksanakan pada 3 Juni sampai 9 Juli 2013. Dengan demikian, diduga pencairan uang tidak dipergunakan semestinya.

Selain itu, BPK juga mencium ketidakberesan dalam bantuan Kemenpora untuk PSSI dan dana timnas AFF tahun 2010 yang besarannya mencapai Rp 20 miliar. “Dari sejumlah itu ada Penyimpangan sebesar Rp 414.952.060 karena PSSI tidak menjalankan perjanjian sesuai kesepakatan,” jelas Parto kepada para wartawan.

Belum sampai situ, Biro Hukum Kemenpora dalam sidang sengketa Informasi di KIP pada 2013, PSSI pada kongres luar biasa tidak bertanggung jawab dengan dana sebesar Rp 3,5 milyar. Parto mengatakan PSSI telah merugikan negara dengan menyalahgunakan wewenang dari kepengurusan PSSI.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas KPK Johan Budi menyampaikan akan memeriksa dan menyelidiki laporan dari komunitas suporter anti korupsi tersebut.

“Setiap laporan akan kita telaah lebih dahulu. Apakah bisa menjadi wewenang KPK dan kemudian ditindak pidanakan,” kata Johan Budi saat jumpa pers.

[tyo]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge