0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dukungan Pemberian Sanksi Tegas Bagi Pendaki Nekat

Gunung Merapi (timlo.net/nanin)

Boyolali – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali mendukung sanksi tegas berupa blacklist bagi pendaki yang nekat ke Puncak Merapi. Wacana sanksi tegas terhadap pendaki saat ini sedang di godok di Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta.

“Jangan hanya blacklist tapi juga hukuman, biar benar-benar jera,” ucap Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Sabtu (6/6).

Terkait hukuman tersebut, lanjut Yoyok, panggilan akrabnya, bisa berupa kurungan beberapa hari. Pasalnya, bila hanya blacklist, sanksi ini dinilai terlalu ringan. Karena pendaki yang namanya sudah di blacklist bisa jadi tetap nekat mendaki ke Gunung Merapi dengan menggunakan identitas lain.

“Peraturan ya harus diterapkan, jangan dilanggar. Akibatnya kan bisa celaka, nyawa taruhannya,” jelasnya.

Hal ini seperti yang menimpa pendaki asal Sleman, Eri Yunanto, yang meregang nyawa setelah terpeleset dan jatuh ke dalam kawah beberapa waktu lalu. Menurut Yoyok, musibah yang menimpa Eri harusnya tidak perlu terjadi bila yang bersangkutan mau mematuhi peraturan.

Larangan untuk tidak mendaki ke Puncak Merapi diterapkan sejak Erupsi Merapi 2010 lalu. Pendaki hanya diperbolehkan sampai di Pasar Bubrah, menyusul kawah merapi masih labil dan mudah longsor.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge