0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

iOS 9 Tawarkan Fitur Baru, Perbaiki Kinerja dan Hapus Bug

wonderfulengineering.com
iPhone 6 (wonderfulengineering.com)

Timlo.net—Dua hari menjelang event WWDC, kita akan semakin dekat dengan hari di mana Apple merilis preview iOS 9. Sistem operasi baru Apple ini akan menyerupai iOS 8 dalam banyak hal, dengan beberapa perubahan halus. Sebagai contohnya, Siri akan memiliki gelombang warna serupa dengan tampilannya di Apple Watch. Selain itu, Apple akan menggunakan font jenis San Francisco seperti yang dipakai di Apple Watch.

Tapi fokus utama iOS 9 adalah perbaikan stabilitas OS. Bulan Februari lalu, pemberitaan yang ada menyatakan Apple berfokus untuk membuat iOS 9 lebih halus dan cepat. Ada juga beberapa fitur baru. Apple Maps sekarang akan menawarkan arah navigasi menggunakan transportasi massa. Hal ini berarti aplikasi ini akan menunjukkan jadwal dan rute kereta api, bus dan subway. Fitur ini untuk saat ini akan tersedia di Cina, San Francisco, New York, Toronto, Berlin dan Paris. Apple sedang berusaha menambahkan Boston, Tokyo dan kota-kota lainnya. Ada juga sebuah fitur baru disebut Browser Around Me yang akan menawarkan lokasi bisnis lokal untuk dikunjungi.

Sebuah aplikasi baru juga akan diperkenalkan di iOS 9 yaitu Proactive. Aplikasi ini akan menawarkan fitur-fitur yang mirip dengan fitur Google Now: pengingat pop-up saat janji yang dibuat di aplikasi kalender sudah mulai dekat. Proactive akan menganalisa pola pengguna untuk merekomendasikan restoran yang bisa digunakan untuk makan siang atau makan malam. Jika pengguna membuka sebuah aplikasi di pagi hari, maka di pagi berikutnya dia akan disambut dengan ucapan untuk membuka aplikasi yang sama.

Layanan musik baru Apple akan terinstal di iOS 9 setelah dirilis dengan update iOS 8.4. Aplikasi ini akan meliputi layanan musik streaming dan iTunes Radio yang sudah diperbaiki. Aplikasi baru lainnya yang disertakan dalam iOS 9 adalah Home. Aplikasi ini digunakan untuk mengontrol aksesoris yang mendukung HomeKit dari jauh.

Para pengguna iPad juga memperoleh fitur split-screen multitasking. Apple berencana membuat dua aplikasi mampu berjalan berdampingan untuk berbagi konten. Fitur ini juga memampukan pengguna membuat dua window dari sebuah aplikasi dalam waktu bersamaan. Event WWDC akan dimulai pada 8 Juni 2015.

Sumber: Phone Arena.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge