0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usai Mantu, Jokowi Akan Umumkan Panglima TNI

dok. merdeka.com
Presiden Jokowi (dok. merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo saat ini masih mencari calon Panglima TNI, pengganti Jenderal TNI Moeldoko yang akan memasuki masa pensiun pada Juli mendatang. Ketua DPR Setya Novanto mengaku hingga kini belum menerima nama yang diajukan oleh Presiden.

“Sampai sekarang belum ada namanya. Kita kan mengacu bahwa apa yang diajukan itu adalah hak prerogatif presiden. Bahwa kita menghargai apa yang diputuskan presiden,” ujar Setya Novanto di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Jumat (6/5).

Meski demikian, Setya Novanto mengatakan, jika kemungkinan nama yang akan diajukan presiden itu baru akan muncul setelah hajatan pernikahan putra sang presiden dalam waktu dekat ini.

“Tentu kita serahkan semuanya kepada Presiden. Tentu Presiden mempunyai jadwalnya untuk melakukan suatu evaluasi. Evaluasi ini kita tunggu, tapi ini sepertinya baru akan mulai setelah acara presiden di Solo, mudah-mudahan bisa ada titik terang,” ujar Setya Novanto.

Politisi Golkar kubu Ical itu menegaskan, tradisi yang dilakukan Presiden SBY yang mengurut giliran jabatan Panglima TNI kepada 3 matra yang ada (AD, AL, dan AU), bisa saja tidak dilakukan di era Jokowi saat ini. Sebab, kebutuhan mengenai sosok Panglima TNI harus melihat kebutuhan baik untuk TNI itu sendiri, maupun agenda besar presiden di bidang kemaritiman.

Setya Novanto juga mengatakan, meski sudah dipilih oleh Presiden, calon Panglima TNI itu sebelumnya akan kembali diuji di DPR.

“Pada akhirnya nanti DPR menerima atau menolak apabila itu ada persyaratan yang belum bisa menerima tapi semuanya kita serahkan mekanismenya kepada Presiden,” tandasnya.

[dan]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge