0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPR Minta Pemerintah Serius Lindungi WNI di Luar Negeri

ilustrasi TKI (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah harus berkomitmen melindungi warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Banyaknya permasalahan TKI yang terjadi selama ini menandakan aspek perlindungan masih lemah.

“Kita sedang membahas UU 39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri (UU PPTKILN) di DPR,” ujar Anggota Komisi IX DPR, Ali Taher, Jumat (5/6).

Namun, untuk memperkaya perspektif atas revisi UU itu, Ali meminta masukan dari FSPILN untuk digunakan sebagai perbandingan.

“Kita butuh masukan dari stakeholder lain,” ujar Ali.

Senada dengan Ali, anggota Komisi IX, Irma Chaniago mengatakan, saat ini Panja revisi UU Nomor 39 Tahun 2004 memang masih dibahas. Dirinya mengungkapkan jika dalam pembahasan beberapa waktu lalu, masih terjadi perbedaan pendapat dengan penghapusan istilah ‘penempatan’.

Politisi Partai NasDem itu juga mengatakan, aspek penempatan saat ini tetap dibutuhkan, agar pihak swasta tidak bisa lagi semena-mena hanya sekadar mengambil profit.

“Konteks penempatan harus jelas. Jangan sampai penempatan dihapus dalam revisi UU No 39 Tahun 2004. Komposisinya begini, aspek penempatan 30%, aspek perlindungan 70%,” ujar Irma.

Baik Ali dan Irma sepakat bahwa DPR harus terus perbaiki sistem perlindungan TKI sebagai mandat konstitusi. Kalau tidak, maka bangsa Indonesia tidak akan mempunyai martabat di dunia internasional.

[did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge