0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beri Kompensasi ke Caleg Gagal, PAN Solo Habiskan Rp 223 Juta

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Solo, Umar Hasyim (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Solo memberikan dana kompensasi sebesar Rp 223 juta kepada 40 Calegnya yang tidak terpilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Dana kompensasi itu ditanggung empat legislator PAN periode 2014-2019.

“Sebelum Pileg sudah ada perjanjian akan ada penghargaan bagi Caleg yang kurang beruntung atau tidak terpilih. Total dana kompensasi yang dibagikan sebesar Rp 223 juta,” kata Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim, kepadawartawan, Jumat (5/6).

Menurut Umar, pembagian dana kompensasi dilakukan dua tahap. Tahap pertama dibayarkan pada 13 Maret 2015 untuk 32 Caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) Laweyan, Banjarsari II, Jebres dan Pasar Kliwon-Serengan. Kemudian, tahap kedua dibagikan pada 5 Juni 2015 untuk delapan Caleg di Dapil Banjarsari I.

“Kita sadar, Caleg yang jadi periode saat ini kan juga didukung suara Caleg yang tidak jadi. Karena itu, adanya dana kompensasi ini sebagai bentuk penghargaan,” jelasnya.

Sumber dana kompensasi, lanjut Umar, berasal dari iuran empat Caleg terpilih PAN. Setiap Caleg terpilih menanggung dana kompensasi sesuai jumlah suara Caleg tidak terpilih di Dapilnya masing-masing. Hanya saja, Umar enggan menyebut besaran nilai kompensasi untuk setiap suara Caleg yang tidak jadi.

“Enggak usah disebutkanlah berapa nilai per suaranya. Tidak etis,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge