0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semua Calhaj Harus Divaksin Meningitis

Manasik haji di Balai Muhammadiyah Solo

dok.timlo.net/tyo eka

Manasik haji di Balai Muhammadiyah Solo

Solo — Sebelum berangkat menunaikan haji, calon haji (Calhaj) diharuskan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk mendapatkan vaksin meningitis.

“Vaksinasi meningitis paling lambat 21 hari sebelum ke Arab Saudi,” jelas dokter Spesialis Paru, dr Dewi Makhabah SpP MKes di depan peserta Manasik Haji, di Balai Muhammadiyah Surakarta, Jumat (5/6).

Dewi mengatakan, meningitis adalah radang membran pelindung otak. Penyebabnya adalah virus, bakteri, jamur, atau parasit yang menyebar dari darah ke otak. “Menyebabkan kerusakan otak bahkan kematian,” jelasnya.

Menurut Dewi, penularannya dapat melalui makanan atau hirupan batuk, bersin, ciuman, pemakaian sikat gigi bersama. Pencegahan penularan, salah satunya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dengan memakai masker.

Tanda dan khas umum ditampakkan oleh penderita meningitis di atas umur 2 tahun. Seperti demam, sakit kepala dan kekakuan otot leher yang berlangsung berjam-jam atau dirasakan sampai 2 hari. Selain itu mual, muntah, sering tampak kebingungan. Kadang susah untuk bangun dari tidur, bahkan tidak sadarkan tinggi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge