0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Makan Ari-Ari Setelah Melahirkan Tidak Bermanfaat

ibu hamil di pesawat
Wanita hamil (Dok: Timlo.net/Independent.ie.)

Timlo.net—Menurut sebuah penelitian, tidak ada bukti bila ibu yang makan ari-ari setelah melahirkan memperoleh manfaat kesehatan apapun.

Sebelumnya terdapat klaim bila mengkonsumsi ari-ari baik dalam bentuk mentah, dimasak atau kapsul melindungi ibu dari depresi pasca melahirkan. Tapi sebuah ulasan terhadap 10 penelitian placenthophagy pada manusia dan hewan mamalia lainnya tidak menemukan bukti ilmiah tentang klaim ini.

Tidak ada bukti juga untuk klaim ari-ari bisa mengatasi rasa sakit pasca melahirkan dan proses laktasi. Dan tidak ada bukti bila ari-ari bisa meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan ikatan ibu-anak atau mengisi kembali zat besi di dalam tubuh. Penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat oleh Northwestern Medicine.

Di sisi lain, tidak ada bukti penelitian tentang resiko potensial dari memakan ari-ari. Memakan ari-ari bayi setelah melahirkan menjadi tren di antara para selebritis beberapa tahun belakangan ini. Louise Silverton, kepala bidan di Royal College of Midwives, berkata tindakan ini tidak dianjurkan.

Dia berkata: “Seperti temuan penelitian ini, tidak ada bukti manfaat kesehatan dari wanita memakan ari-ari mereka. Sebelumnya dikatakan ada bahaya potensial, tapi tidak bukti yang mendukung klaim ini juga.”

Sebagai hasilnya para bidan tidak menganjurkan wanita memakan ari-ari mereka karena kurangnya bukti,” tambahnya.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge