0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

8 PNS Pemkot Solo Dijatuhi Sanksi

dok.timlo.net/heru murdhani
(Ilustrasi) PNS Pemkot Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)
Solo – Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah kota (Pemkot) Solo akan mendapatkan sanksi. Pasalnya Pemkot tengah gencar menggalakkan penegakan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Sejauh ini telah ada 8 PNS yang dijatuhi sanksi, baik sanksi ringan hingga berat.

“Rata-rata pelanggaran PNS ini adalah mangkir di hari kerja,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo Hari Prihatno, Jumat (5/6).

Hari menerangkan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah tersebut, sanksi akan dijatuhkan jika PNS mangkir kerja yang dihitung berdasarkan akumulasi selama setahun, dengan total akumulasi sebanyak 46 hari. Penghitungan ini
diakumulasi berdasarkan jam kerja yang ditinggalkan PNS. Hitungannya, akumulasi PNS mangkir 7,5 jam sama dengan satu hari tidak masuk kerja.

“Misalnya hari ini pergi satu jam saat jam kerja, itu sudah dihitung. Termasuk terlambat ngantor lima menit saja, juga sudah dihitung dan diakumulasi. Kalau total 7,5 jam, dihitung sama dengan satu hari,” katanya.

Hari mengatakan, tingkat kedisiplinan PNS bisa diukur dengan presensi setiap hari. PNS bisa dijatuhi sanksi jika melakukan pelanggaran indisipliner sesuai presensi maupun laporan dari atasan. Namun, untuk menumbuhkan
kesadaran ini harus datang dari dalam diri PNS sendiri.

Dia mengatakan bentuk sanksi yang diberikan untuk PNS di antaranya adalah pemberhentian dengan tidak hormat, pemberhentian dengan hormat dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun. Selain itu ada juga sanksi lain berupa hukuman penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun. Sedangkan sanksi paling ringan yang dijatuhkan adalah berupa pembinaan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge