0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menag: Pengguna Buku Nikah Palsu Saya Imbau Menikah Ulang

dok.merdeka.com
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Publik belakangan ini tidak hanya dihebohkan dengan kasus ijazah palsu, tetapi juga buku nikah palsu. Bagi pasangan yang sudah kadung menggunakan buku nikah palsu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau mereka untuk menikah ulang.

“Bagi yang palsu, saya mengimbau agar dilakukan pernikahan ulang supaya pernikahan tersebut tercatat oleh negara,” kata Lukman seperti dilansir situs Kementerian Agama, Jumat (5/6).

Lukman kembali menegaskan, siapapun yang terlibat melakukan pemalsuan buku nikah akan dikenakan sanksi pidana. “Buku nikah merupakan dokumen negara. Jadi siapa pun yang terbukti terlibat dalam pemalsuan buku nikah akan dikenakan sanksi pidana,” tegas Lukman.

Namun demikian, Lukman tetap mengimbau masyarakat agar mengetahui ciri buku nikah asli. Karena pada dasarnya saat ini buku nikah tidak mudah untuk dipalsukan. “Saat ini, buku nikah sebenarnya relatif sulit untuk dipalsukan karena paling tidak terdapat empat ciri,” jelas politikus PPP itu.

Lebih lanjut, Lukman menjelaskan paling tidak terdapat empat ciri khas dari buku nikah. Pertama, pada halaman dalam sampul terdapat hologram berbentuk lingkaran bergambar garuda. Kedua, terdapat lembar transparan mengkilat berhologram untuk menutup lembar identitas pasangan pengantin.

Ketiga, terdapat nomor seri dengan sistem lubang pada bagian bawah buku. Nomor ini punya kode khusus, tambah Lukman. Keempat, setiap halaman buku apabila diterawang akan terlihat gambar garuda.

Seperti diketahui, Polres Jakarta Timur kini sedang memproses hukum kasus pemalsuan buku nikah. Aparat juga tengah mengejar satu tersangka pemalsu. Sebelumnya, buku nikah palsu juga beredar di Pekanbaru, Riau. [ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge