0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

135 Rokok Ilegal Disita Satpol PP

timlo.net/putra kurniawan
Rokok Ilegal Disita (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo kembali menggelar operasi peredaran rokok illegal yang ke-enam kalinya di tahun ini. Sebanyak 135 bungkus rokok berhasil disita dari dua toko di wilayah Kecamatan Polokarto dan Mojolaban.

“Memang kita menyasar di daerah pinggiran karena di kota sudah jarang kita dapatkan, artinya operasi yang kita laksanakan cukup efektif menekan angka peredaran rokok illegal ini,” kata Kepala Satpol PP Sukoharjo, Sutarmo, Kamis (4/6).

Hasil operasi kali ini menurun dari operasi sebelumnya dengan perolehan hampir 500 bungkus rokok tanpa cukai maupun dengan cukai palsu. Sedangkan kali ini, dari dua warung di Kecamatan Polokarto berhasil menyita 82 bungkus, sedangkan di Kecamatan Mojolaban 53 bungkus.

Petugas tidak melakukan penindakan kepada penjual rokok illegal, namun hanya seluruh barang bukti disita dan akan diserahkan kepada Kantor Bea dan Cukai. Hal ini sengaja dilakukan sebagai upaya untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang peredaran barang kena cukai sesuai dengan UU nomor 39 tahun 2007 tentang cukai.

“Kita memang baru tahap pembinaan dan sosialisasi, dan setiap kitamelakukan operasi akan kita berikan stiker tentang larangan dan ancaman hukumannya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge