0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sering Pakai Baju Doreng, Jokowi Dikritik

Presiden Jokowi saat menghadiri upacara militer (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian militer saat menghadiri upacara TNI mendapat kritikan. Pasalnya, latar belakang Jokowi bukan dari kalangan militer.

“Presiden jangan biasakan menggunakan pakaian militer, sebab beliau itu sipil. Meski beliau sipil, beliau pemegang kekuasaan tertinggi tentara,” kata Guru Besar Universitas Pertahanan, Salim Said, Kamis (4/6).

Lebih lanjut, Salim menambahkan, TNI sudah berhasil melakukan reformasi institusinya dan tidak melibatkan diri dalam ranah sipil. Sehingga, TNI sebagai lembaga ketahanan negara jangan sampai dibawa-bawa atau ditarik ke kementerian yang bukan bidangnya.

Salim mengingatkan, latar belakang Jokowi sebagai presiden bukan berangkat dari kalangan militer. Jokowi adalah warga sipil yang saat ini menjadi presiden.

“Jadi dengan pakaian sipil pun tentara menghormati beliau (Jokowi). Beliau sangat senang dengan saran saya itu karena saya katakan janganlah kita yang sudah berhasil reformasi TNI, kita kembali ke masa lalu tanpa kita sadari,” jelasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo sering kali menghadiri acara yang diprakasai oleh TNI. Dalam sejumlah acara, Jokowi didandani dan mengenakan baju loreng-loreng, baju kebesaran tentara.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge