0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panglima TNI Jatuh ke TNI AU?

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Jelang pensiunnya Panglima TNI Jenderal Moeldoko, sejumlah nama calon pengganti bermunculan. Banyak pendapat mengemukakan, sudah saatnya tampuk pimpinan tertinggi di tubuh TNI dipegang oleh TNI AU.

“Mengacu pada pasal di atas kalau sebelumnya dijabat oleh Laksamana Agus Suhartono kemudian diserahterimakan kepada Jenderal Moeldoko, maka giliran berikutnya adalah kepala staf TNI Angkatan Udara (kasau) sekarang ini,” kata Anggota Komisi I DPR, Tubagus Hasanudin, Rabu (3/6).

Meski begitu, Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa nampaknya tidak sependapat dengan usulan tersebut. Politikus Partai Gerindra ini mengusulkan nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Gatot Nurmantyo untuk menjadi Panglima.

“Menurut saya semua kepala staf itu bagus, tapi yang lebih memiliki kapasitas lebih menonjol saat ini Kasad. Ya lebih merakyat dan beberapa kapasitas lainnya lebih menonjol lebih cerdas, itu saya melihatnya seperti itu,” kata Desmond.

Saat ini, jabatan Panglima TNI hampir sepenuhnya dikuasai oleh perwira tinggi TNI Angkatan Darat. Sedangkan angkatan-angkatan lain hampir tak pernah menempati posisi tersebut sejak Indonesia merdeka.

Hingga saat ini, jabatan Panglima TNI hanya sekali dipegang oleh perwira tinggi TNI Angkatan Udara, yakni Marsekal TNI Djoko Suyanto. Jabatan Panglima TNI itu diembannya sejak 13 Februari 2006 hingga 28 Desember 2007.

Sementara Laksamana TNI AL tercatat dua kali menjadi Panglima TNI. Mereka adalah Laksamana Widodo AS di era Gus Dur dan Laksamana Agus Suhartono di masa pemerintahan SBY.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge