0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diet Kaya Serat Kurangi Resiko Diabetes

Sayuran. (Dok:Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Para ahli mengklaim diet kaya serta mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Sereal dan sayuran efektif mengurangi resiko penyakit ini tapi buah dinilai tidak memberikan efek apapun.

Mereka yang makan serat 26g atau lebih memiliki pengurangan resiko hingga 18 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang makan serat kurang dari 19g. Resiko diabetes turun 9 persen setiap penambahan asupan serat hingga 10 gram per hari. Sementara resiko diabetes turun 25 persen setiap konsumsi 10g serat sereal per hari.

Para peneliti tidak yakin kenapa diet tinggi serat bisa mengurangi resiko diabetes. Mereka memperkirakan hal ini karena diet tinggi serat mengurangi berat badan. Peneliti Dagfinn Aune of Imperial College London berkata: “Mekanisme potensial bisa meliputi merasa kenyang secara fisik, pengeluaran sinyal hormon yang lebih panjang, penyerapan nutrisi yang lebih pelan atau pengubahan fermentasi di usus besar. Semua mekanisme ini bisa menyebabkan BMI menurun dan pengurangan resiko diabetes tipe 2. Diet serat juga bisa mempengaruhi resiko diabetes dari mekanisme lain contohnya pengontrolan gula darah yang lebihb aik dan penurunan insulin setelah makan serta peningkatan sensitivitas tubuh terhadap insulin.”

Prof Nick Wareham dari Cambridge University, yang mengkordinasi penelitian ini, menambahkan: “Penelitian ini menambahkan bukti yang terus bertambah dari manfaat kesehatan diet kaya serat. Kesehatan publik diukur dari peningkatan konsumsi serat bisa memegang peranan penting dalam menghambat epidemis obesitas dan diabetes tipe 2.”

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge