0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lulusan Universitas Dalam Negeri Masih Kalah Bersaing

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Standar kompetensi pendidikan di Indonesia masih dipermasalahkan bagi kalangan dunia usaha. Lulusan universitas dalam negeri ternyata masih kalah bersaing dengan lulusan luar negeri. Salah satunya, dengan negara Singapura.

“Semua tergantung tingkat kesiapan lulusan dari universitas kita dibandingkan dengan lulusan Singapura. Kalau dari industri, kebanyakan tentu saya dapat katakan bahwa masih kurang,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, Kamis (4/6).

Rendahnya daya saing lulusan universitas di Indonesia dibanding produk universitas negara lain tidak lepas dari sesat pikir paradigma universitas dalam negeri. Umumnya, universitas di Indonesia masih mengutamakan jumlah lulusan dibanding kualitas mahasiswa yang dihasilkan. Karena itu perlu reformasi pola pikir untuk mengubah paradigma tersebut.

Suryo berharap, dengan kerja sama antara Kadin Indonesia dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), kualitas lulusan universitas di Indonesia bisa lebih meningkat.

“Jadi dengan kerja sama ini akan kami tingkatkan kualitas dari para lulusan universitas kita,” ungkapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge