0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati: Bantuan Dana Relokasi Jangan Buat Beli Motor

Bupati Karanganyar Juliyatmono (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Bupati Karanganyar Juliyatmono mewanti-wanti kepada warga penerima bantuan dana relokasi untuk mempergunakannya sebaik-baiknya. Bahkan bupati akan membentuk tim pemantau agar dana tersebut benar-benar digunakan untuk membangun rumah dan bukan untuk yang lainnya.

“Uang itu nanti jangan digunakan untuk membeli sepeda motor, itu khusus untuk membangun rumah. Makanya nanti proses pencairan sedikit kita awasi, takutnya uang yang seharusnya digunakan untuk membangun rumah, digunakan untuk yang lainnya,” tegas Bupati Juliyatmono saat meninjau relokasi, Rabu (3/6).

Tak hanya melakukan proses pembangunan rumah, Pemerintah Kabupaten juga akan membagikankembali jatah hidup (Jadup) kepada puluhan warga yang menjadi korban longsor di daerah Balong, Jenawi, dan Gempolan, Kerjo. Saat ditanya, kapan proses pencairan dana bagi korban bencana longsor tersebut, Bupati mengaku, bantuan dari Povinsi akan cair pekan ini disusul dengan bantuan dari APBD Kabupaten Karanganyar.

“Minggu ini cair. Tinggal tunggu transfer ke rekening warga,”” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Nugroho menjelaskan, pembangunan rumah baru bagi korban longsor, total ada 96 rumah yang akan dibangun. Yakni Gempolan, Kerjo 18 rumah,  Plosorejo, Kerjo 11 rumah, Tengklik, Tawangmangu 16 rumah, Balong, Jenawi 28 rumah, dan Menjing, Jenawi 23 rumah.

“Yang punya tanah sendiri langsung bisa membangun, sedangkan yang belum, menggunakan tanah kas desa. Teknisnya nanti dibucarakan lagi dengan pihak desa,” kata Nugroho.

Sementara itu, Warsono (51) salah stau warga Guyon, Tengklik, mengaku sampai saai ini pihaknya belum mendapatkan sepeserpun bantuan yang dijanjikan oleh Pemerintah. Meski demikian, dirinya tetap akan membangun rumah ditanah yang sebelumnya telah ia beli dari tetangganya tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge