0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wisman di Solo Kian Menurun

dok.timlo.net/setyo pujis
Ilustrasi (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) yang datang melalui Bandara Adi sumarmo pada bulan April 2015 menunjukan trend negatif jika dibandingkan bulan sebelumnya. Pasalnya pada bulan April hanya mencapai 660 orang, sementara sebelumnya sebanyak 697 orang.

“Turunya sekitar 5,31 persen atau sebanyak 37 orang jika dibandingkan bulan sebelumnya. Namun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya turun sekiatr 35,86 persen,” ujar Kepala BPS Solo, Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Rabu (3/6).

Ia menuturkan, jika dilihat dari asal negaranya, Wisman terbanyak yang datang melalui Bandara Adi Sumarmo selama bulan April 2015 adalah warga negara berkebangsaan Malaysia sebanyak 389 orang, Singapura 85 orang dan dari Thailand sebanyak 23 orang.

Ketua PHRI Solo Abdullah Suwarno berharap agar Pemkot Solo melakukan evaluasi kegiatan agar bisa mendorong minat wisatawan untuk datang. “Kita berharap ada evaluasi yang dilakukan Pemkot Solo. Misalnya saja even yang digelar selama ini durasi waktunya diperpanjang lebih lama 3-4 hari agar bisa mendatangkan tamu dari luar kota,” ungkapnya.

Karena jika tidak dilakukan terobosan untuk mendongkrak wisatawan, pihaknya khawatir para pelaku bisnis di Solo akan semakin rugi akibat okupansi hotel yang terus menurun sejak awal tahun ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge