0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Calon Pimpinan KPK Harus Memiliki Integritas Tinggi

Gedung KPK (merdeka.com)

Timlo.net — Pernyataan rekam jejak (clearance) para calon pimpinan KPK yang diminta oleh panitia seleksi (pansel) kepada penegak hukum menjadi buah bibir di berbagai kalangan. Langkah ini dinilai baik sebagai suatu pencegahan adanya cacat hukum dari pimpinan KPK yang bisa menjadi celah kriminalisasi bagi pihak lain.

“Saya kira memang harus terkonfirmasi secara akurat yang juga tugas dari tim pansel, yang dialami pimpinan KPK sekarang menjadi pelajaran buat pansel supaya hal yang sama tidak terjadi lagi ke depannya,” kata Wakil Ketua Komisi III, Mulfachri Harahap, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/6).

Tidak hanya itu, Mulfachri juga mengatakan sebagai lembaga yang diberikan kewenangan lebih, calon pimpinan KPK harus memiliki integritas tinggi. Menurutnya, hal itu bisa menjadi pembeda antara KPK dengan lembaga lain di Indonesia.

“KPK sebuah lembaga yang diberikan kewenangan lebih maka UU juga menuntut pimpinan KPK yang diberikan kewenangan itu harus memiliki jiwa berintegritas tinggi, yang tidak rata-rata kelasnya. Tapi standarnya tinggi, itu merupakan pembeda antara KPK dengan lembaga-lembaga lainnya,” ujar politisi PAN itu.

Maka dari itu, Mulfachri mengimbau agar pansel bisa bekerja lebih baik dalam meneliti para calon pimpinan KPK sehingga mereka bisa lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan.

“Justru tim pansel dibentuk supaya melihat lebih jauh lagi melakukan observasi lebih dalam lagi terhadap mereka-mereka yang diloloskan untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan,” paparnya.

[ren]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge