0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Bakal Gunakan Foto Untuk Hitung Kalori Makanan

Dok. Timlo.net/Andi Penowo
MONSTER BURGER-Restaurant Manager Ibis Solo, Fenny Trisnawati menunjukkan monster burger yang merupakan burger berukuran jumbo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Timlo.net—Tidak semua makanan dimasak memiliki nilai nutrisi yang sama. Burger keju yang dimasak di rumah akan memiliki nilai nutrisi berbeda dengan yang dibeli di restoran cepat saji. Hal ini karena proses persiapan dan pilihan bahan makanan membuat kedua makanan yang sama itu memiliki kalori berbeda. Oleh karena itu menghitung kalori tidak selalu bisa akurat, tapi tetap bisa menolong kita mengetahui perkiraan jumlah kalori yang kita makan.

Untuk membantu proses penghitungan kalori itu lebih efisien dan akurat, Google dikabarkan memiliki sebuah proyek pembuatan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) untuk menolong menganalisa foto makanan. Setelah itu, AI ini akan memberikan informasi kalori total makanan dari foto.

Kabar ini terungkap selama Rework Deep Learning Summit di mana peneliti Google, Kevin Murphy membicarakan proyek ini. Disebut “Im2Calories”, alat ini bergantung pada sebuah kamera untuk menganalisa sebuah foto. Sistem ini berusaha mengenali berbagai elemen berbeda dalam sepiring makanan. Selain itu, sistem ini juga akan menghitung volume makanan dan memperhitungkan peluang adanya bumbu yang digunakan.

Seberapa akuratkah Im2Calories? Untuk saat ini belum jelas seberapa akurat sistem ini, tapi Murphy berkata Im2Calories adalah sebuah sistem yang akan mengembangkan diri lewat penggunaan penggunaan. “Bagi saya, sangat jelas bahwa orang benar-benar menginginkan sistem ini dan ini akan menjadi benar-benar berguna,” terangnya.

Saat ini ada banyak aplikasi yang menolong menghitung kalori. Aplikasi ini memiliki database besar berisi berbagai makanan, ukuran porsi dan lain-lain. Tapi para pengguna harus memasukkan data makanan secara manual untuk tahu jumlah kalorinya. Bila sistem ini tercipta, maka proses penghitungan kalori bisa menjadi lebih cepat dan otomatis.

Sumber: Ubergizmo.

 

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge