0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Siap Gagalkan Pabrik Semen di Giriwoyo

dok.timlo.net/tarmuji
Aksi demo damai warga Giriwoyo tolak tambang (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Terkait tuntutan warga Kecamatan Giriwoyo yang menolak adanya pertambangan batu gamping sebagai bahan baku pembuatan semen, Pemerintah Kabupaten Wonogiri menegaskan akan berpihak kepada rakyat.

“Jika ada lebih 25 persen warga yang menolak adanya pembangunan maupun pertambangan di Giriwoyo, saya yang akan di depan untuk menggagalkan proyek ini,” ungkap Bupati Wonogiri Danar Rahmanto, saat dijumpai wartawan usai beraudiensi dengan warga Giriwoyo, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (3/6).

Menurut Danar, persoalan ini tidak semua warga menolak adanya pertambangan. Pihaknya juga menyadari selama ini warga yang setuju lebih memilih diam, warga yang menolak kehadiran pabrik semen tidak bisa dipukul rata sebagai warga Giriwoyo. Pihaknya pun memerintahkan camat untuk segera mendata desa-desa yang ada di Giriwoyo yang pro dan kontra kehadiran industri semen. Pasalnya ,pihaknya sendiri tidak bisa melarang pendirian warga Giriwoyo.

“Yang jelas saya akan ada di tengah-tengah mereka,” katanya.

Diakui, Kecamatan Giriwoyo pada umumnya merupakan tanah dengan kondisi marginal atau berkapur. Sehingga apabila warga memilih untuk mengintensifkan pertanian dari pada pertambangan, pihaknya berharap adanya kajian ulang perihal potensi pertanian.

“Ya kita harus lebih tahu detail, pertanian apa yang bisa update di sana dulu,” jelasnya.

Bupati Danar┬ámelakukan yang terbaik demi masyarakat Giriwoyo. “Pemkab akan memberikan rekomendasi tehnis kepada pihak pemberi ijin untuk kembali mengkaji pendirian pabrik semen, bila perlu mencabut ijinnya,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge