0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Spesies Binatang Ini Bercinta 14 Hari Hingga Mati

Marsupial-Antechinus
Antechinus. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Spesies marsupial, hewan dengan bentuk serupa tikus di Australia, secara harfiah mati setelah kelelahan bercinta. Hewan bernama antechinus dari spesies marsupial ini, begitu suka bercinta hingga tidak makan atau tidur selama dua minggu. Seringkali mereka mati kelelahan karena kebiasaan ini.

Penelitian terkini menyatakan kesukaan hewan ini untuk bercinta sebagai upaya para jantan untuk menyebar gen mereka seluas mungkin. Tapi usaha para jantan ini membuat mereka rentan terkena infeksi, maag dan bahkan pendarahan internal.

Aktivitas seksual yang intens ini dikabarkan membawa spesies ini ke ambang kepunahan, di mana 50 persen jantan mati selama musim kawin. Jika antechinus punah, maka dampaknya bisa serius untuk beberapa spesies lain. Beberapa tanaman tergantung pada hewan ini untuk membantu proses penyerbukan. Spesies-spesies tanaman ini bisa mati jika tidak ada antechinus untuk membantu proses penyerbukan.

“Ada kemungkinan besar beberapa spesies indah ini bisa punah,” kata ahli biologi Thomas Mutton.

“Ada banyak spesies yang terancam di Australia dan saya pikir masyarakat perlu memikirkan hal ini lebih dalam lagi,” tambahnya.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge