0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rumah Relokasi Bencana Dibangun dengan Tipe 36

dok.timlo.net/nanang rahadian
Korban longsor di Dusun Guyon, Desa Tengklik, Tawangmangu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Berdasarkan hasil konsultasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), rumah relokasi korban longsor di beberapa tempat di Karanganyar rencananya akan dibangun dengan tipe 36. Masing-masing berukuran maksimal 100 meter persegi.

“Untuk teknis pembangunannya kita serahkan ke masing-masing warga,” kata Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho, Rabu (3/6).

Mereka bisa gotong royong, kata Nugroho, atau mengundang tukang yang nanti dibiayai dari sebagian uang bantuan itu. BNPB mengharuskan penyalurannya dalam bentuk bantuan material. Hal ini menghindari resiko bantuan dipakai untuk kepentingan lainnya di luar pembangunan rumah.

”Kami menyiapkan tim pendamping untuk penggunaan dana bantuan itu. Setiap pencairan dana dari bank harus mendapatkan rekomendasi dari kami. Dari beli material sampai pembangunan akan dipantau,” terangnya.

Sementara itu, pencairan dana bantuan pembangunan rumah tersebut disambut baik warga terdampak longsor. Pasalnya mereka sudah menunggu setelah mengungsi lebih dari dua bulan. Warga yang akan direlokasi sudah membuat rekening untuk menerima bantuan.

Salah satu warga Sidomulyo, Gempolan, Kerjo,  Suparman (57) mengungkapkan, warga sudah membuat rekening dan mempersiapkan peralatan tambahan untuk membangun rumah baru. Seperti batu untuk pondasi rumah dan peralatan bangunan lain.

”Warga sudah ngarep-arep (berharap) dana bantuan itu. Ya syukur kalau sudah mau dicairkan,” kata Suparman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge