0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

96 Rumah Korban Longsor Mulai Dibangun

dok.timlo.net/nanang rahadian
Korban longsor di Dusun Guyon, Desa Tengklik, Tawangmangu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pembangunan rumah baru bagi korban longsor dimulai Rabu (3/6) ini. Total ada 96 rumah yang akan dibangun. Pemerintah Kabupaten Karanganyar menargetkan sebelum Lebaran selesai dan siap ditempati.

”Rencananya akan ada peletakan batu pertama oleh Bupati Karanganyar di Dusun Guyon, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu,” jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Nugroho, Rabu (3/6).

Rumah-rumah yang akan dibangun meliputi korban longsor di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo ada 18 rumah; Plosorejo (Kerjo) 11 rumah; Tengklik (Tawangmangu) 16 rumah; Balong (Jenawi) 28 rumah; dan Menjing (Jenawi) 23 rumah.

Ditambahkan, korban bencana tanah longsor tersebut mendapatkan bantuan untuk pembangunan rumah sebesar Rp 45 juta per rumah. Bantuan ini berasal dari badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) sebesar Rp 20 juta per rumah, kemudian BPBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 15 juta/ rumah. Dan dari Pemkab Karanganyar Rp 10 juta/ rumah.

”Bantuan dari BNPB totalnya Rp 1,920 miliar. Sudah siap dicairkan. Sedangkan dari BPBD Provinsi rencananya minggu ini akan ditransfer. Tinggal menunggu dari Pemkab,” imbuh Nugroho.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge