0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Kreasi Kebaya Ala Hanif Aisiyah

Timlo.net - David
Hanif Aisiyah Nanjaya (Timlo.net - David)

Timlo.net – Gemerlap tren busana modern tidak membuat kebaya kehilangan pamornya. Selain telah ditetapkan menjadi busana nasional Indonesia, tren busana kebaya juga selalu mengikuti perkembangan zaman.

Sebagai warisan budaya, kebaya tetap abadi. Di tangan desainer masa kini, bentuk kebaya mengalami perubahan menyesuaikan perkembangan jaman.

Hanif Aisiyah Nanjaya, salah satu­nya. Mengawali karirnya sebagai desainer busana pesta, pada tahun 2007 wanita berhijab ini akhirnya menjatuhkan pilihannya terhadap kreasi busana kebaya.

Berbekal pengalaman selama bertahun-tahun, Hanif bersama sang suami, Doddy Nanjaya, membuka sebuah rumah mode kebaya.

“Awalnya saya memfokuskan pada busana pesta. Nah, karena busana pesta orang Jawa adalah kebaya, saya memilih kebaya menjadi fokus saya,” ungkap wanita yang pernah mengenyam pendidikan di Akademi Seni Desain Indonesia ini.

Dalam penciptaan karyanya, Hanif lebih menonjolkan kesan glamour dan anggun. Beberapa karya yang dipajang di butik miliknya di Jl. RM Said ini memiliki corak yang unik.

Hiasan payet bermotif bunga atau ukiran turut menghiasi karya-karyanya. Selain itu Hanif juga kerap menyisipkan olahan ornamen yang kental dengan desain etnik.

Tak jarang Hanif juga menggunakan berbagai kreasi bentuk krah, seperti krah kartini atau krah sunda. Desain rancangannya kerap diolah dengan bahan kain Tile, Broklat, dan Beludru. Sedang untuk bawahan, dia lebih memilih kain bahan songket, atau perpaduan kain batik de­ngan motif tertentu.

Urusan Klien Hanif mengaku tak pelit dalam memberikan tips. Mulai dari tips de­sain kebaya yang akan digunakan pelanggan, hingga urusan budgeting, dan tips memilih kain yang cocok. Karena itulah, pelanggan Hanif kian hari kian bertambah.

Tak salah jika putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mempercayakan busana pernikahannya kepada tangan dingin Hanif.

“Ya tentu saja deg-degan Mas, wong ini putra presiden, pasti kan juga membutuhkan satu gaun yang spesial,” aku­nya.

Hanif sedikit membocorkan, busana yang akan dikenakan oleh calon mantu Jokowi, Selvi Ananda akan menggunakan kain beludru berwarna hitam. Kebaya ini menggunakan model krah Kartini, yang dipasang menjuntai ke bawah hingga ekor. Tidak ada hiasan yang menempel pada kebaya bagian atas, ini dikarenakan atas permintaan pihak ke­luarga yang menginginkan desain Jawa Klasik.

Untuk memunculkan kesan elegan, pada bagian ekor kebaya ini ditambahkan motif ukiran etnik Jawa, dari benang gem. Kebaya ini dirancang Hanif selama 2 bulan, dan telah selesai pengerjaan­nya. Namun Hanif belum mau memperlihatkan hasil karyanya itu kepada TimloMagz.

“Besok saja langsung waktu resepsi berlangsung,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge