0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jangan Minum Lebih Dari 4 Gelas Kopi Per Hari

Dok: Timlo.net/ Manfaatkopi.com.
Kopi. (Dok: Timlo.net/ Manfaatkopi.com.)

Timlo.net—Para ahli kesehatan memperingatkan jika meminum lebih dari empat cangkir kopi instan per hari bisa berbahaya bahkan untuk orang dewasa yang sehat sekalipun.

Resiko ini khususnya mengancam wanita hamil. Konsumsi kopi wanita hamil tidak boleh melebihi dua gelas kopi per hari. Anak-anak muda juga tidak diperbolehkan minum lebih dari dua gelas. Panduan ini dikeluarkan oleh badan pengawas makanan dan obat di Eropa dan merupakan panduan pertama tentang konsumsi kopi. Badan itu mengatakan jumlah maksimal kafein yang boleh diminum adalah 400 mg.

Satu gelas kopi instan rata-rata mengandung 100 mg kafein. European Food Safety Agency memperingatkan orang yang melanggar panduan ini bisa mengalami sejumlah masalah kesehatan mulai dari kegelisahan dan susah tidur hingga gangguan ritme detak jantung dan gagal jantung.

Dalam tinjuan terhadap literatur ilmiah yang ada, asupan kafein yang tinggi saat kehamilan menyebabkan kelahiran bayi dengan berat di bawah normal. NHS, departemen kesehatan Inggris, juga memperingatkan konsumsi kafein yang berlebihan bisa menyebabkan keguguran dan cacat pada bayi.

Kopi espresso rata-rata mengandung 80 mg kafein. Oleh karena itu, jumlah kopi espresso yang bisa diminum orang dewasa sebanyak 5 gelas. Akan tetapi beberapa kafe menyajikan kopi dengan kandungan kafein yang lebih besar. Misalnya kopi dalam cangkir besar dari Starbucks bisa mengandung 400 mg kafein per gelas. Sebagai hasilnya, pria dan wanita yang sehat justru membuat hidup mereka dalam masalah hanya dengan minum satu atau dua gelas kopi. Terlebih, kopi bukan satu-satunya minuman yang mengandung kafein. Segelas teh rata-rata mengandung 50 mg kafein, minuman energi seperti Red Bull mengandung 80mg kafein per kaleng. Satu batang kecil coklat murni mengandung sekitar 50 mg kafein. Sementara coklat dengan susu biasanya mengandung 25 mg kafein.

Minuman soda yang dianggap tinggi kafein, hanya memiliki 30mg kafein per kaleng. Kafein juga sering ditemukan pada obat penghilang rasa sakit. Emilie Combet, dosen jurusan nutrisi manusia di Glasgow University berkata: “Kafein ditemukan dalam banyak hal. Zat ini ada dalam coklat dan minuman energi dan obat, jadi kadang-kadang orang mengkonsumsi melebihi jumlah yang dianjurkan tanpa sadar.”

Dia menambahkan jumlah kafein dalam kopi yang disajikan dalam berbagai kafe itu bisa berbeda-beda. Hal ini membuat para konsumen tidak bisa mengetahui pasti kandungan kafein yang mereka minum dalam segelas kopi yang mereka pesan.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge