0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cabe Merah Jadi Penyebab Naiknya Inflasi

dok.merdeka.com
Cabe merah (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,5 persen pada Mei 2015. Cabai merah menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi terbesar yakni 0,1 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, saat ini terjadi penaikan harga signifikan dari cabai merah di 69 kota. Penaikan tertinggi terjadi di Medan 95 persen dan Banda Aceh 94 persen.

“Karena pasokannya dari sentra produksi berkurang,” ujar Suryamin, Senin (1/6).

Komoditas kedua penyumbang inflasi, lanjut Suryamin, yakni daging ayam ras. Ini lantaran stok di sejumlah derah terbatas.

“Dengan kenaikan harga mencapai 5,09 persen dan sumbang inflasi 0,06 persen,” tuturnya.

“Selain daging ayam ras, ternyata telurnya pun (telur ayam ras) ikut mengalami kenaikan di angka 6,13 persen dan sumbang inflasi 0,04 persen. Hal ini karena meningkatnya permintann menjelang puasa,” lanjutnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, bawang merah juga turut menyumbang inflasi, sebesar 0,03 persen. Ini lantaran penaikan harganya mencapai 6,19 persen.

“Hal ini karena pasokan bawang merah di setiap daerah berkurang. Kenaikan bawang merah tertinggi terjadi di Kupang dengan presentase 61 persen dan Sumenep 32 persen,” paparnya.

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge