0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alasan Kenapa BlackBerry Masih Memproduksi Smartphone

John Chen. (Dok: Timlo.net/ CrackBerry)

Timlo.net—CEO BlackBerry John Chen sudah memimpin perusahaan Kanada itu selama 18 bulan, dan dia memiliki prioritas utama untuk menghasilkan keuntungan. Tapi selama dua kuartal terakhir, penghasilan BlackBerry menurun. Perusahaan itu memang memiliki uang $3 miliar di bank. Dalam wawancara dengan USA Today, dia berkata bahwa BlackBerry mengakuisisi tiga perusahaan yang sesuai dengan posisi BlackBerry sebagai pemimpin dalam hal keamanan seluler dan fokus mereka pada penjualan layanan enterprise, dan badan pemerintah.

Pertanyaan yang orang ajukan adalah kenapa BlackBerry tetap berada di bisnis smartphone sekalipun angka penjualan mereka buruk? John Chen berkata bahwa bisnis smartphone adalah bisnis yang cukup baik jika menghasilkan uang. Smartphone BlackBerry adalah alat yang memperkenalkan para pengguna dengan layanan keamanan dan manajemen data yang ditawarkan perusahaan itu. “Jadi inilah kenapa semua pemerintah di semua negara berkembang menggunakan alat kami,” kata John. “Anda bisa melihat kepala-kepala negara menggunakan peralatan kami,” tambahnya.

Masalah terbesar Chen saat ini adalah menggantikan biaya layanan yang dibayarkan operator seluler pada BlackBerry karena biasanya para pengguna berlangganan biaya saat mereka memakai smartphone BlackBerry. Chen berkata bahwa biaya inilah yang menjadi sumber penghasilan dengan margin tertinggi yang dimiliki perusahaan itu. Dan sekarang penghasilan mereka menurun karena pengguna beralih ke smartphone lain.

Selain itu, Chen berkata bahwa jika dia bisa menumbuhkan bisnis software dan perpesanan, dia bisa mengembalikan penghasilan yang diperoleh dari biaya berlangganan layanan. Secara keseluruhan dia melihat ada kesempatan yang lebih baik di luar negeri daripada di Amerika Utara.

Sumber: Phone Arena.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge