0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Infeksi Membuat Kecerdasan Menurun

Flu. (Dok:Timlo.net/Google Images)

Timlo.net—Infeksi tidak hanya memperlemah sistem kekebalan tubuh Anda, tapi juga bisa melukai otak. Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark menyatakan penyakit serius bisa menurunkan skor I.Q kita.

Para peneliti menyelidiki 190 ribu pria yang mengikuti tes kecerdasan dan menemukan bahwa para pria yang pernah masuk rumah sakit karena infeksi memperoleh 2 point lebih rendah di atas skor I.Q rata-rata. Pria yang pernah dirawat di rumah sakit 5 kali memiliki skor 9 poin lebih dari rendah dari angka I.Q rata-rata.

Infeksi mengaktivasi sel-sel otak tertentu yang bekerja dengan sistem imunitas, kata pemimpin penelitian Michael Eriksen Benros, M.D., Ph.D. Hal ini mengubah cara sel-sel lain mengirim sinyal ke otak, yang bisa menyebabkan masalah kognitif, katanya.

Penelitian itu menunjukkan bahwa penyakit ringan seperti flu bisa mempengaruhi kekuatan otak sementara selama periode infeksi, kata Benros. Para pria dalam penelitian yang pernah menderita peradangan parah karena infeksi. Dan peradangan otak yang parah bisa menyebabkan penurunan I.Q permanen.

Untungnya, kita tidak perlu menkarantina diri sendiri untuk melawan infeksi. Cara terbaik untuk tetap sehat adalah rajin mencuci tangan dengan cara yang benar. Kebanyakan pria tidak mencuci tangan dan mencuci tangan kurang dari 15 detik, kata Charles Gerba, Ph.D., soerang profesor mikrobiologi lingkungan dari University of Arizona.

 

Sumber: Men’s Health

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge