0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Android M Bisa Pindah Data Aplikasi dan File APK ke MicroSD

tema android m dark
Tema Android M Dark. (Dok: Timlo.net/ Android Authority.)

Timlo.net—Sudah sejak lama, para pengguna Android mengatakan mereka ingin fitur untuk memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke microSD di Android. Google rupanya agak lambat dalam menanggapi keinginan para pengguna ini. Tapi akhirnya Android M dilengkapi dengan fitur yang mendukung pemindahan file APK dan data aplikasi ke kartu microSD.

Fitur baru ini disebut Adoptable Storage Devices. Walaupun perusahaan itu tidak menjelaskan tentang fitur ini di event Google I/O, referensi tentang fitur ini bisa ditemukan di dokumentasi online preview Android M untuk para developer. Adoptable Storage Devices akan mengizinkan pengguna untuk memindahkan data aplikasi dan file APK ke tempat penyimpanan eksternal, tapi hanya jika pengembang aplikasi mengizinkan hal ini.

Google sendiri tidak menyertakan fitur ini di Android versi sebelumnya, tapi beberapa pabrikan dan aplikasi memasukkan fitur ini sendiri pada smartphone buatan mereka. Dengan Android M, dukungan ini akan menjadi bagian integral dari sistem operasi. Google juga terlihat memberikan dukungan terhadap fitur-fitur lain yang dikembangkan vendor smartphone seperti dukungan pembaca sidik jari, setting custom quick atau tema.

Dokumentasi resmi menyatakan bahwa adopted storage devices akan mengenkripsi dan menformat data untuk berkinerja seperti saat mereka dipasang di tempat penyimpanan internal. Karena kartu microSD dienkripsi oleh ponsel, maka peralatan lain tidak bisa melihat data yang ada di kartu. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana jika pengguna mencabut microSD? Mungkin, aplikasi itu tidak akan lagi berfungsi hingga diinstal ulang di tempat penyimpanan internal atau sebuah microSD dimasukkan.

Yang menarik, fitur Adoptable Storage Devices ini juga bisa diaplikasi ke flash disk. Android M akan memiliki dukungan built-in untuk USB OTG. Tapi tidak mungkin ada orang yang menancapkan flash disk secara permanen ke smartphone atau tablet. Di sisi lain, fitur ini akan sangat berguna untuk Android TV atau konsol game Android.

Sumber: Phone Arena.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge