0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koma Dorong Hidup Sehat Untuk Mencegah Kanker

timlo.net/setyo puji s
Koma dorong hidup sehat untuk mencegah kanker (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Koma event organizer Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerjasama dengan Childhood Cancer Care (3C) Solo, menggelar talkshow Kanker Anak. Bertajuk We Dare You to Care kegiatan tersebut digelar di Atrium Hartono Mall, Jumat (29/5).

“Melalui kegiatan ini kita ingin mengedukasi masyarakat, bahwa ternyata banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini menjadi terus berkembang, diantaranya adalah karena dipicu pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat,” ujar Humas dan Publikasi Koma Event Organizer, Pramesti Bintang Mahapsari kepada Timlo.net.

Dalam kegiatan ini pihaknya sengaja menggandeng Childhood Cancer Care. Karena mereka yang selama ini fokus dalam mengkampanyekan ke masyarakat terkait penanggulangan penyakit kanker.

Sementara itu, pemerhati kanker anak dan juga founder Childhood Cancer Care, dr Enny Listiawati dalam pemaparanya menjelaskan, jika Kanker adalah penyakit mematikan nomor 2 di dunia. Dan untuk mengantisipasi atau mencegah penyakit tersebut diperlukan pola hidup yang sehat.

“Karena kanker ini pemicu paling besar disebabkan oleh oksidan yaitu udara yang tercemar dan selanjutnya dari pengawet makanan. Oleh karena itu untuk mencegahnya diperlukan anti oksidan atau udara bersih dan juga pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran,” jelasnya.

Sedangkan tingginya kematian atas dampak dari penyakit kanker di Indonesia, menurutnya disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya adalah lambannya pihak keluarga untuk membawanya ke rumah sakit serta minimnya pengetahuan orang tua mengenai gejala awal yang terlihat.

“Salah satu tanda-tanda penderita penyakit ini pada anak adalah kondisi fisik yang terlihat pucat dan seringnya mimisan. Padahal jika bisa diketahui sejak dini dan segera dilakukan penanganan, sebenarnya harapan sembuhnya semakin lebih besar,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge