0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggaran Cair, KPU Solo Lanjutkan Tahapan Pilkada

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo kembali melanjutkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo yang sempat ditunda. Hal ini menyusul adanya kepastian pencairan anggaran Pilkada dari Pemerintah Kota (Pemkot).

“Tadi malam, saya sudah tandatangan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah – red) di Loji Gandrung. Hari ini sudah proses pencairan,” kata Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo kepada wartawan, Jumat (29/5).

Menurut Agus, NPHD yang ditandatangani berisi pencairan hibah Rp 7,5 miliar. Hibah Pilkada itu dialokasikan dalam APBD 2015. Adapun kekurangan anggaran Pilkada dituangkan dalam berita acara terlampir di NPHD.

“Berita acara itu berisi kesanggupan Pemkot mencukupi kekurangan anggaran sebesar Rp 6,1 miliar yang akan dialokasikan di APBD Perubahan 2015. Total anggaran Pilkada sebesar Rp 13,6 miliar itu sesuai dengan ajuan KPU,” terangnya.

Dengan adanya kepastian anggaran Pilkada itu, KPU bakal kembali melanjutkan tahapan Pilkada. 6 Juni mendatang, KPU akan menggelar pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Seharusnya, pelantikan PPS dillakukan pada Sabtu (23/5) lalu. Lantaran anggaran tidak tersedia, KPU menunda pelantikan.

“Tahapan-tahapan kita lanjutkan. Selain pelantikan PPS dilakukan juga bimtek untuk PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge