0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunci Panjang Umur: Makan Lebih Banyak Karbohidrat Baik dan Kurangi Protein

Dok: Timlo.net/ Google Images.
Buah prem kering. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru menyatakan mengurangi asupan protein dan makan lebih banyak karbohidrat baik bisa meningkatkan kesehatan dan memperpanjang usia. Uji coba pada tikus menunjukkan pola makan seperti ini bermanfaat terhadap aktivitas insulin, gula darah dan dan mengurangi tingkat kolesterol hingga 40 persen.

Tapi tidak seperti diet dengan membatasi kalori, diet ini tidak beresiko terhadap massa tulang, libido atau kesuburan. Mengkonsumsi karbohidrat sehat berarti memilih makanan yang berasal dari buah dan sayuran segar, gandum dan biji utuh. Selain itu kita harus menghindari gula, roti putih dan kue. Protein baik meliputi telur, susu, daging putih dan kedelai.

Dr. Stephen Simpson, dari University of Sydney berkata: “Memang benar bahwa mengurangi asupan makan dan berat tubuh meningkatkan kesehatan metabolisme dan mengurangi resiko penyakit seperti diabetes tipe 2, obesitas dan penyakit lemak ginjal. Akan tetapi, konsumsi protein yang sedang dan makan banyak karbohidrat sehat akan bermanfaat untuk kesehatan seiring proses bertambahnya usia.”

“Kecuali mereka yang fanatik, tidak ada orang yang bisa mempertahankan diet yang memerlukan pengurangan kalori hingga 40 % dalam jangka panjang,” tambahnya.

Tikus dalam penelitian ini diamati selama delapan minggu. Mereka diberikan beragam menu makanan dengan berbagai rasio karbohidrat dan protein di mana makanan dibatasi atau disediakan sepanjang waktu.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge