0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Wonogiri Tak Tolerir PNS Berijazah Palsu

dok.timlo.net/aris
Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto (dok.timlo.net/aris)

Wonogiri — Menyikapi surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan), Pemkab Wonogiri dalam waktu dekat akan melakukan pengecekan ulang seluruh ijazah pegawai negeri sipil (PNS). Jika ada oknum PNS yang terbukti menggunakan izasah palsu bakal dikenai sanksi tegas.

“Ya kita akan segera menindaklanjuti edaran itu dengan pengecekan ulang. Yang terang, kita tidak akan menolerir jika ada PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu,” terang Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, Jumat (29/5).

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri Suharno menambahkan, pihaknya memerintahkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk melakukan pengecekan terhadap ijazah PNS di Wonogiri ini.

“Artinya ini merupakan deteksi dini, ewodene ono ijasah aspal (apabila ada ijasah asli tapi palsu), ya kita akan melakukan pengecekan ulang,” jelas Sekda Suharno.

Menurut Suharno, terkait adanya indikasi ijazah aspal PNS di Wonogiri, pihaknya belum dapat diketahui. Namun demikian sudah jauh hari pihaknya mengantisipasi, utamanya dalam rekrutmen PNS, minimal berijazah akreditasi B, tak terkecuali penyesuaian ijasah (PI). Dia juga mengatakan,t erkait penyesuaian ijazah, harus sesuai persyaratan yang berlaku, di antaranya harus terakreditasi B ,kemudian ijin atasan dan dengan ijin bupati.

“Jika terbukti, sanksi terberat dikeluarkan dari PNS, dan sanksi lainnya¬†penurunan pangkat,” tegas Suharno.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge