0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sungai Langsur Rutin Dipantau BLH

timlo.net/putra
Warga melihat kondisi air sungai Langsur (timlo.net/putra)

Sukoharjo — Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukoharjo mengaku secara rutin memeriksa kondisi air Sungai Langsur setahun dua kali. Pemeriksaan dilakukan pada musim penghujan dan kemarau dengan acak.

“Sebenarnya kita suah rutin melakukan pemeriksaan kondisi air setahun dua kali, tapi hasilnya selalu masih dalam ambang batas wajar, meskipun hasil ini tidak serta merta menunjukkan kondisi air baik terus,” kata Kepala BLH Sukoharjo, Suradji, Kamis (28/5).

Pemeriksaan berkala ini dilakukan dengan mengambil sampel air dari Sungai Bengawan Solo di beberapa titik sepanjang aliran sungai. Air diuji tingkat pencemarannya di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo dan hasilnya masih diambang batas wajar.

Tidak hanya Sungai Langsur, BLH juga melakukan pengecekan kondisi air sungai sejumlah sungai di Sukoharjo secara berkala. Namun karena karena keterbatasan petugas lapangan, tidak semua sungai bisa terpantau tingkat pencemarannya.

“Meskipun ini tidak bisa kami jadikan alasan, namun kami akui petugas kita kurang dengan mengkaver begitu banyak sungai, tapi yang jelas kami siap segera menindak lanjuti begitu ada temuan di masyarakat,” tandas Sauradji.

Namun demikian, sejumlah warga di sepanjang aliran Sungai Langsur mengakui sudah bertahun-tahun tercemar limbah industri. Memang tidak setiap hari tercemar limbah, namun bisa dipastikan setiap puncak kemarua maupun musim hujan warga selalu menjumpai air berwarna keruh dan berbau menyengat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge