0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lestarikan Budaya, Pemkab Gelar Festival Dalang Cilik

dalang cilik (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sebanyak 19  dalang cilik ambil bagian dalam Festival Dalang Cilik se-Karanganyar di Tourist Information Centre (TIC) atau eks Kawedanan Karangpandan, Kamis (28/5). Yang juga membanggakan, para dalang cilik itu mencoba menampilkan kebolehannya karena pentas yang digelar sampai sore hari itu, ditunggui Maestro Dalang Setan Ki Manteb Sudharsono.

“Saya yakin dengan munculnya generasi dalang cilik di bawah usia 15 tahun ini, masa depan wayang kulit purwa Indonesia, masih akan panjang dan tetap eksis di masa depan,” kata Ki Manteb.

Dia memang bangga, sebab kemampuan para dalang cilik itu sudah sangat memadai. Terutama sabetan yang diperagakan, yang semua menirukan gayanya saat mendalang. Karena itu dia yakin beberapa tahun kemudian, mereka akan menjadi dalang yang hebat dalam memainkan wayang.

“Kalau kalian sudah menjadi dalang yang hebat, jangan sangsi dan ragu. Kalian pasti bisa hidup dari wayang ini. Bahkan sangat mungkin bisa melebihi saya. Yakinlah menjadi dalang bisa menjadi gantungan hidup,” kata Ki Manteb.

Ki Manteb juga berpesan agar para dalang cilik tetap belajar di pendidikan formal hingga meraih gelar sarjana. Selain itu dia berharap para dalang cilik itu juga harus bisa meraih cita-citanya.

“Silahkan menjadi pejabat, pengusaha, atau apapun. Sekolah setinggi mungkin, namun tetap memiliki keterampilan mendalang. Itu jauh akan lebih hebat. Jadi bupati, camat, lurah, tetapi bisa mendalang, jauh lebih hebat. Menjadi guru, dosen, yang bisa mendalang, juga hebat,” pesan Ki Manteb.

Sementara itu, Bupati Juliyatmono memberikan jawabannya. Kalau pelestarian wayang diserahkan kepada rakyat, masyarakat yang disuruh nanggap, jelas tidak mungkin. Menyelenggarakan perhelatan wayangan memerlukan dana besar.

“Karena itu satu-satunya jalan, pemerintah harus naggap wayang. Semua masih bisa dilaksanakan, jika ada komitmen. Kalau pemerintah nanggap wayang demi melestarikan budaya, jelas itu tidak akan menyalahi anggaran,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge