0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lima Pendaki Diduga Masih di Watu Tulis

Puncak Gunung Merapi (dok.timlo.net.nanin)

Boyolali — Lima pendaki yang tersesat di Gunung Merbabu, diduga saat ini masih berada di kawasan Watu Tulis, Kawasan Hutan Merbabu. Informasi terakhir yang diperoleh melalui salah satu pendaki yang tersesat, Risky, di Watu Tulis mereka turun dua bukit kemudian ambil jalur ke kanan.

“Kemungkinan besar masih di kawasan Watu Tulis,” ungkap Komandan SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Kamis (28/5) malam.

Dijelaskan, kontak terakhir dengan Risky tadi sekitar pukul 20.00 WIB. Namun saat ini, sudah tidak bisa dihubungi karena kemungkinan baterai handphone sudah drop.

“Informasinya mereka sudah bisa melihat lampu di bawah gunung, tetapi tidak berani turun karena jalur yang terjal dan curam, dan salah satu di antara anggota rombongan ada yang sakit,” tambahnya.

Watu Tulis sendiri masih berada di kawasan tak jauh dari puncak Gunung Merbabu dengan ketinggian sekitar 2.600 mdpl. Saat ini, satu regu tim SAR sekitar dua belas orang sudah bergerak naik ke target operasi menuju ke Watu Tulis. Satu regu lagi akan menyusul naik.

Saat ini kelima survivor ini masih dinyatakan tersesat. Jika sampai Jumat (29/5), belum ditemukan, tim SAR baru menyatakan status hilang. Selain itu, pihaknya juga masih mencari data apakah mereka naik hanya berlima atau masih ada rombongan lain.

Lima pendaki yang tersesat merupakan warga Simo, mereka adalah Risky, Mugni, Ahmad, Danang, dan Wahyu, yang tergabung dalam Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka). Salah satu diantaranya dikabarkan dalam kondisi sakit.

Selain rombongan Ubaloka, ada satu warga petani Dukuh Kajor, Selo, yang juga dikabarkan belum pulang ke rumah setelah sehari merumput di lereng Gunung Merbabu. Namun, menurut informasi dari Ketua SAR Barameru, Jiyo, petani tersebut sudah ditemukan dan sudah dibawa pulang ke rumah.

“Kita masih menunggu informasi pendaki tersesat dari Basecamp Merbabu untuk penangganan lebih lanjut,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge