0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kera Ekor Panjang Jarah Pemukiman Warga

ilustrasi kera liar (merdeka.com)

Wonogiri — Warga RT1/RW4, Lingkungan Joho Lor, Kecamatan Wonogiri Kota, mulai diresahkan adanya serangan sekelompok kera ekor panjang. Primata tersebut turun gunung dan menyerang pemukiman warga, lantaran persedian makanan di gunung mulai mengering.

“Kera itu tidak bisa diprediksi kapan turun gunung. Paling sering diketahui warga pada pagi sekitar pukul 06. 00 WIB dan 16.00 WIB,” ujar Darni warga setempat, Kamis (28/5).

Dikatakan, tak hanya menyerang pemukiman, lahan pertanian milik warga juga jadi sasaran. Mereka menghabiskan tanaman seperti kacang tanah, ketela dan jagung hingga ludes.

“Merugi ratusan ribu Mas, semua ludes disikat kawanan kera,” katanya.

Dirinya mengaku tak berani mengusir kawanan kera itu. Bahkan, jika diusir, kera-kera itu akan mengamuk, dan bahkan mereka akan turun lagi dengan membawa teman lebih banyak lagi.

Terpisah, Sekretaris Kelurahan Giriwono, Sugiarsih, mengatakan belum mendapatkan laporan adanya serangan kera di Giriwono. Pengalaman tahun lalu, setiap musim kemarau kera sering turun mencari makan ke rumah warga.

“Memang, di dua (Joho Lor dan Gandul) daerah itu kerap dijarah kawanan kera. Makanya saya sering memperingatkan warga, lebih baik dibiarkan saja. Ketimbang mereka mengamuk, kan malah tambah parah,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge