0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

OP LPG 3 Kg, Hiswana Migas Gelontor Ribuan Tabung

dok.timlo.net/setyo pujis
Operasi Pasar LPG 3 Kg (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Selama kurang lebih delapan hari, puluhan ribu tabung gas LPG 3 Kg telah digelontorkan dalam operasi pasar (OP) LPG 3 Kg di wilayah Soloraya. OP itu digelar guna menstabilkan stok dan harga LPG 3 Kg yang akhir-akhir ini harganya melambung.

“OP dilakukan untuk pengguna LPG 3 Kg yakni masyarakat miskin dan usaha mikro,” kata Ketua Bidang (Kabid) LPG 3 Kg Himpunan Wirausaha Nasional Migas dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Soloraya, Budi Prasetyo, saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (28/5).

Sampai hari ini, Kamis (28/5), jumlah tabung yang dijual dalam OP di tiap kabupaten/kota bervariasi. Untuk Karanganyar sebanyak 12.088 tabung, Klaten 5.600 tabung, Sragen 1.680 tabung, Sukoharjo 7.280 tabung, Solo 3.720 tabung dan Wonogiri 2.200 tabung.

“Hanya Boyolali yang tidak menggelar OP karena tidak ada permintaan dari Pemda. Jadi, OP dilakukan setelah ada permintaan dari Pemda. Kalau tidak ada permintaan kami tidak berani,” ujarnya.

Budi melanjutkan, sejumlah daerah seperti Sragen dan Klaten masih akan melakukan OP hingga akhir bulan ini. Pasalnya, bulan depan, pasokan gas melon ini sudah akan ditambah. Lantaran itu, Hiswana Migas meminta masyarakat untuk tidak panik.

Dalam OP yang digelar, pembeli wajib menunjukkan KTP asli. Pembelian hanya dibatasi maksimal dua tabung. Selain itu, untuk mencegah pembelian berulang kali oleh orang yang sama, pembeli diminta mencelupkan jarinya dalam tinta yang disediakan seperti saat Pemilu.

“Karena sebelumnya, dari data kami ternyata ada orang yang sama membeli beberapa kali. Akhirnya kami siasati dengan mencelupkan jari ke tinta,” katanya.

Lebih jauh, Budi juga menyarankan masyarakat membeli LPG 3 Kg di pangkalan. Dengan membeli di pangkalan dipastikan harganya tidak lebih dari Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 15.500.

“Kalau belinya di pengecer, tangan kami tidak sampai ke sana,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge