0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jembatan Bawu Sangat Memprihatinkan

dok.timlo.net/nanin
Waduk Kedung Ombo meluap ancam jembatan Bawu, Kemusu (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan langsung ke Jembatan Bawu, Kemusu, menyusul kondisi jembatan yang sudah sangat memprihatinkan. Pengecekan untuk mendapatkan data lengkap terkait dengan anggaran yang akan diajukan.

“Dananya sangat besar, tahun ini kita belum mampu, nanti akan kita ajukan ke provinsi,” ucap Bupati Boyolali Seno Samudro, Kamis (28/5).

Bupati mengakui kondisi Jembatan Bawu sudah sangat memprihatinkan dan perlu segera dilakukan rehab menyusul vitalnya jembatan bagi masyarakat Bawu. Jembatan tersebut selama ini digunakan untuk akses perekonomian terdekat bagi masyarakat Bawu sekaligus juga sebagai jalur pendidikan.

“Jangan sampai perekonomian warga terganggu hanya karena jembatanya rusak,” imbuh bupati.

Dijelaskan juga, selain jembatan gantung Bawu, ada sejumlah jembatan yang dilaporkan ke Pemprov Jateng. Antara lain, jembatan di wilayah Kecamatan Cepogo dan Selo. Jembatan tersebut nantinya bakal direhab secara bertahap
dengan dana dari provinsi.

Di sisi lain, rehab jembatan disambut positif warga Bawu. Kadus Bawu, Jono Saputro mengungkapkan, papan kayu sebagai landasan jembatan sudah mulai lapuk. Kondisi tersebut praktis membuat warga was-was saat melintas. Untuk memastikan kondisi jembatan agar aman saat dilintasi, pihaknya melakukan pengecekan rutin seminggu sekali. Hasilnya, banyak baut yang lepas dan paku yang hilang.

“Kalau tidak dicek, nanti semakin parah kerusakanya,” tandas Jono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge