0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Kematian Ibu Melahirkan dengan Deteksi Dini

dok.timlo.net/liputanislam.com
Ilustrasi (dok.timlo.net/liputanislam.com)

Wonogiri — Tahun ini, tren angka kematian ibu melahirkan di Wonogiri mengalami penurunan. Hal ini dapat dilihat angka kasus tersebut terus menurun sejak beberapa tahun terakhir. Tahun 2008 terdapat 16 kasus, sedangakan tahun 2014 menurun hanya 10 kasus saja.

“Kendati demikian dari awal tahun 2015 hingga sekarang sudah ada empat kasus. Ini harus diperhatikan benar supaya tidak malah meningkat, ” ujar Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Lasmari, Rabu(27/5).

Menurutnya, kasus kematian ibu bisa terus ditekan, lantaran kerja bareng antara dinas dengan pemangku kepentingan lainnya. Di antaranya, bidan desa, pegawai dan staf puskesmas di kecamatan, hingga kader kesehatan desa/kelurahan.

“Kesemuanya bersinergi memberikan informasi akurat serta pendampingan dan pengawasan terhadap ibu hamil dan melahirkan, “jelasnya.

Dikatakan, perhatian tersebut berupa deteksi dini atas faktor penyebab kematian ibu. Di antaranya sejumlah penyakit penyerta, seperti jantung atau kelainan plasenta, juga pendarahan saat melahirkan.

“Memang diperlukan penanganan dengan langkah tepat untuk terus menekan kejadian kematian yang menimpa seorang ibu ketika melahirkan hingga beberapa hari setelah melahirkan tersebut, dengan catatan, mengusahakan proses kelahiran lancar, ibunya sehat bayinya pun selamat,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge