0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TMMD Sengkuyung di Desa Tambongwetan Over Prestasi

Dandim Klaten, Letkol Inf Thomas Heru Rinawan secara simbolismenyerahkan bibit dalam pembukaan TMMD 2015 (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung 2015 tahap I selama 21 hari (7- 27/5) di Desa Tambongwetan Kecamatan Kalikotes akhirnya tuntas. Dalam pelaksanaan kegiatan fisiknya, program itu mengalami over prestasi dan menghemat biaya hingga Rp 100 juta.

“Pembuatan talud yang direncanakan sepanjang 1.450 meter, malah realisainya mencapai 1.500 meter. Kemudian, kegiatan fisik pembuatan gorong-gorong sepanjang tujuh meter dan pemerataan jalan sepanjang 700 meter. Pencapaian ini tentu saja melebihi target yang kita tetapkan sebelumnya,” kata perwira pelaksana TMMD Klaten, Kapten Inf Sapta Budi S dalam laporannya, saat berlangsung upacara penutupan di lapangan desa setempat, Rabu (27/5).

Sasaran kegiatan fisik lainnya, lanjut dia, berupa rehab rumah sebanyak 10 unit, jamban keluarga delapan unit dan bantuan keagamaan rehab mushola satu unit. Selain itu, program TMMD ini juga menyertakan kegiatan khusus berupa, bazar dari pengusaha setempat, pelayanan kesehatan KB, penyuluhan desa anti teror dari Kodim dan kesenian tradisional, serta penutupan diisi pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

“Bila dilihat dari segi pembiayaannya terjadi penghematan sebesar Rp 100 juta lebih. Karena bila dikerjakan secara borongan menghabiskan dana sebesar Rp. 461,7 juta, dengan TMMD hanya membutuhkan biaya Rp. 361,5 juta,” lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Tata Pemerintahan Setda Klaten, Purwanto AC mengatakan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan Jateng yang sejehtera dan berdikari, kegiatan penyuluhan pertanian perlu terus diintensifkan. Sedangkan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam, perlu terus ditingkatkan konsumsi protein dari produk pertanian dan gerakan makan ikan (Gemari).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge