0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tekan Angka Kecelakaan, Polisi Gelar Operasi Patuh Candi 2015

timlo.net/nanang rahadian
Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra menyematkan pita tanda dimulainya Operasi Patuh Candi 2015 (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Meski jalan di Karanganyar relatif pendek, namun angka kecelakaan lalu lintas ada kecenderungan meningkat. Bahkan beberapa kecelakaan mengakibatkan korban meninggal dunia. Untuk menekan angka kecelakaan tersebut,  Polres Karanganyar menggelar Operasi Patuh Candi 2015.

“Karanganyar masih di bawah Klaten, Sukoharjo dan Sragen untuk angka kecelakaan. Namun demikian justru situasi yang makin baik harus terus diciptakan. Terutama wilayah sepanjang jalan utama Lawu sampai ke Tawangmangu. Kecenderungan kecelakaan terus naik,” kata Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra kepada wartawan usai menjadi inspektur upacara, Rabu (27/5).

Kapolres menambahkan, dalam operasi yang akan digelar mulai tangal 27 Mei sampai dengan tangal 9 Juni 2015 tersebut diharapkan dapat  menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di Kabupaten Karanganyar.

“Sebagai angota Polri, dengan adanya operasi Patuh Candi ini, mari kita tingkatkan kemampuan personel polri sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial, baik diluar ataupun diruang publik, guna mewujudkan keamanan ketertiban lalu lintas menjelang idul fitri 1436 H, khususnya di wilayah Karanganyar,” terang Kapolres

Dalam operasi, masyarakat akan dibina dan ditunjukkan letak kesalahannya. Harapannya setelah itu tidak mengulang kesalahan. Misalnya membiasakan diri melawan arus, tidak memakai helm pengaman, spesifikasi kendaraan yang tidak lengkap, mengangkut bukan pada proporsinya, seenaknya di jalan raya.

Jika setelah itu tetap melakukan kesalahan serupa, baru akan ditindak secara tegas. Bila perlu kendaraan akan disita. Karena itu petugas lebih mengedepankan tindakan persuasif, masuk ke masyarakat melakukan pembinaan dan penyuluhan.

“Kami akan gandeng tokoh masyarakat agar menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan. Mereka diharapkan menjadi contoh yang baik, dengan menciptakan ketertiban dan kenamanan berkendara di jalanan,” jelas Kapolres.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge