0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Rohingya, Rhoma Irama Minta Walubi Berdiplomasi Dengan Myanmar

dok.merdeka.com
Rhoma Irama (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Ketua Umum Forum Silaturahmi Ta’mir masjid dan musala Indonesia (Fahmi Tamami), Rhoma Irama menemui perwakilan umat Budha Indonesia (Walubi). Ia membacakan 4 pernyataan sikap dari Fahmi Tamani kepada pimpinan Walubi terkait kasus Rohingya.

“Berkenaan dengan motif insiden atas namakan agama di rohingya, ada pun harapan kami agar Walubi untuk imbau pemerintah Myanmar khususnya umat Budha agar tidak melakukan diskriminasi agama Islam di sana,” ucapnya, Rabu (27/5).

Kedua, mengimbau kepada Walubi untuk mendesak pemerintah Myanmar untuk renovasi masjid yang rusak di Rohingya. Selain itu, Walubi juga diminta turut membantu kerugian pengungsi Rohingya di Aceh.

“Dan keempat, menjaga kerukunan agama islam dan Budha di Indonesia untuk jadi teladan kerukunan agama di Rohingya dan dunia,” papar Rhoma.

Menjawab tuntutan itu, perwakilan Walubi, Suhadi, menegaskan jika persoalan di Myanmar bukanlah masalah agama melainkan konflik suku yang merembet pada masalah agama. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan terus mengusahakan diplomasi terutama berkaitan dengan kerusakan masjid di Myanmar.

“Hal ini kami sudah lakukan bersama MUI. Namun, perlu diingat bahwa masalah yang terjadi di sana bukanlah masalah agama namun konflik suku yang melebar ke masalah agama. Namun, kami tentu melakukan diplomasi untuk memperhatikan kerusakan masjid di Myanmar,” ujar Suhadi.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge