0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perlindungan Hukum Tenaga Kesehatan Perlu Landasan Kuat

dok.timlo.net/tyo eka
Seminar UU Tenaga Kesehatan di Kampus UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Dalam rangka memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada tenaga kesehatan, baik yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat maupun yang tidak langsung, dan kepada masyarakat penerima pelayanan diperlukan adanya landasan hukum yang kuat.

Hal itu diungkapkan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr Harun SH saat berbicara tentang Perspektif UU No 36 Tahun 2014, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (27/5).

Apabila mencermati dari penjelasan umum UU No 36 Tahun 2014, Harun mengatakan, pada alenia terakhir nampak tujuan diundangkannya, yakni dalam rangka memberikan perlindungan hukum dan kepastian hukum kepada tenaga kesehatan, baik dalam melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat maupun tidak langsung, dan penerima pelayanan itu sendiri.

Adapun tenaga kesehatan, kata Harun, sesuai UU No 36 Tahun 2014, adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge