0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Beras Plastik, Pemkot Solo Gandeng Polresta

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo bersama Polresta Solo menggelar inspeksi mendadak (Sidak) beras di Pasar Legi, Rabu (27/5) (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo bersama Polresta Solo menggelar inspeksi mendadak (Sidak) beras di Pasar Legi, Rabu (27/5).  Sidak dilakukan guna mengantisipasi peredaran beras plastik yang saat ini meresahkan masyarakat.

“Meskipun sampai sejauh ini belum ada temuan mengenai beras plastik, namun  kita terus melakukan pembinaan dan pengawasan kepada para pedagang,” ujar Kasi Perlindungan Konsumen Disperindag Solo Eka Hari Kartana kepada wartawan.

Ia menuturkan, untuk melihat perbedaan beras asli dan beras plastik sebenarnya cukup mudah, yaitu bisa dilihat dari bentuk maupun teksturnya. Dan juga akan mudah hancur saat dimasak.

“Jika beras plastik warna dan baunya sangat berbeda dengan yang asli, termasuk untuk dipatahkan saja sulit,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Solo Kompol Danu Pamungkas Totok mewakili Kapolresta Kombes Pol Ahmad Lutfi  mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dan pengawasan terhadap kasus beras plasti yang saat ini tengah meresahkan masyarakat.

“Isu beras plastik ini memang cukup meresahkan masyarakat. Untuk mengantisipasihal itu kita akan terus melakukan pengecekan, baik di pedagang grosir maupun eceran,” tandasnya.

Untuk mencegah peredaran beras palsu tersebut, dirinya juga berharap kepada masyarakat agar ikut memantau dan segera melaporkan ke pihak yang berwenang jika ada kecurigaan terhadap peredaran maupun temuan adanya beras plastik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge